BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Di zaman yang sangat modern ini, game online sudah tidak
asing lagi di telinga kaum remaja. Beberapa tahun terakhir ini, banyak kaum
remaja gemar bermain game online. Hal ini didukung dengan banyaknya game center
dilingkungan sekitar yang menawarkan dengan harga terjangkau oleh kaum remaja.
Oleh sebab itu banyak remaja yang menyisihkan uang sakunya
untuk bermain game online berjam-jam hingga lama-kelamaan kecanduan game
online. Akibat hal
ini remaja pun banyak
melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah, bahkan
kesehatan pun dilupakan.
Apakah mereka tau pengaruh negatif tersebut? Apakah mereka sadar? Makalah ini
akan menelaah hal tersebut tentang game online dan dampak-dampaknya hingga
tips-tips agar tidak kecanduan dari game online.
1.2 Tujuan Penelitian
Dalam Makalah ini
penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu :
- Mengetahui penyebab kaum remaja memilih bermain Game Online.
- Mengetahui pengaruh terhadap kaum remaja yang bermain Game Online.
- Mengetahui cara mengatasi kecanduan Game Online.
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan tujuan
penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut :
1. Apa yang dimaksud Game
Online?
2. Apa faktor penyebab kaum
remaja kecanduan Game Online?
3. Apa dampak dari Game
Online?
4. Bagaimana terlepas
dari kencanduaan Game Online?
1.4 Manfaat
Penelitian
Manfaat makalah ini
khususnya kaum remaja dapat lebih memahami dan sadar akan kerugian yang didapat
dari bermain Game Online bagi masa depan mereka sendiri. Serta untuk mencegah
kerusakan moral pada didi remaja tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Game
Online
Pengertian Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan (games) yang
dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Game yang
berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual
elektronik dan game online menyediakan server-server tertentu agar bisa
dimainkan,Game online tidak ada akhirnya.
Game online sendiri
tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu
sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya
jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai
menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.. Berikut beberapa contoh
Game Online yang beredar di Indonesia :
ü Ragnarok Online
ü Perfect World
ü Dota
ü Rohan Online
ü Seal Online
ü Ayo Dance
ü Atlantica Online
ü Lost Saga
ü Point Blank
ü Cross Fire
ü Counter Strike
Online
2.2 Sejarah Game
Online
Sejarah game online i(Permainan Daring) dimulai sejak tahun 1969, ketika
permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan.
Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing,
yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di
mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu
yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik
baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain
(multiplayer games).
Permainan daring benar-benar mengalami perkembangan setelah
tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan,
membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri
perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai
tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan
komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai
medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari
perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem
yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring
lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre
permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan
pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770)
Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai
permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik
kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain
sekaligus.
Dalam permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server
dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client,
sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Permainan daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas
sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali
menciptakan komunitas maya.
TIPE-TIPE GAME ONLINE
Ø First Person Shooter (FPS)
Sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama
pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut,
kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer
(di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
Ø Real-Time Strategy
Merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan
strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan
tetapi banyak karakter.
Ø Cross-Platform Online
Merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan
hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan
secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game
yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
Ø Browser Games
Merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox,
Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser
sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
Ø Massive Multiplayer Online Games
adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang
skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung
seperti halnya dunia nyata.
2.3 Faktor penyebab
Kecanduan
Banyak penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game online,
salah satunya karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan
sampai tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi
pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan. Dalam
game online apabila point bertambah, maka objek yang akan dimainkan akan
semakin hebat, dan kebanyakan orang senang sehingga menjadi pecandu. Penyebab
lain yang dapat ditelusuri adalah kurangnya pengawasan dari orang tua, dan
pengaruh globalisasi dari teknologi yang memang tidak bisa dihindari.
Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang
menyebabkan adiksi remaja terhadap game online. Faktor-faktor internal yang
dapat menyebabkan terjaadinya adiksi terhadap game online, sebagai berikut:
ü Keinginan yang kuat
dari diri remaja untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam game
online, karena game online dirancang sedemikian rupa agar gamer semakin
penasaran dan semakin ingin memperoleh nilai yang lebih tinggi.
ü Rasa bosan yang
dirasakan remaja ketika berada di rumah atau di sekolah.
ü Ketidakmampuan
mengatur prioritas untuk mengerjakan aktivitas penting lainnya juga menjadi
penyebab timbulnya adiksi terhadap game online.
ü Kurangnya self
control dalam diri remaja, sehingga remaja kurang mengantisipasi dampak negatif
yang timbul dari bermain game online secara berlebihan.
Sedang faktor-faktor
eksternal yang menyebabkan terjadinya adiksi bermain game online pada remaja,
sebagai berikut:
ü Lingkungan yang
kurang terkontrol, karena melihat teman-temannya yang lain banyak yang bermain
game online.
ü Kurang memiliki
hubungan sosial yang baik, sehingga remaja memilih alternatif bermain game
sebagai aktivitas yang menyenangkan.
ü Harapan orang tua
yang melambung terhadap anaknya untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti
kursus-kursus atau les-les, sehingga kebutuhan primer anak, seperti
kebersamaan, bermain dengan keluarga menjadi terlupakan.
Gejala remaja
kecanduan game diantara lain :
Ø Lebih banyak
menghabiskan waktu bermain game pada jam-jam di luar sekolah
Ø Tertidur di sekolah
Ø Sering melalaikan
tugas
Ø Nilai di sekolah
jeblok
Ø Berbohong soal berapa
lama waktu yang sudah dihabiskan untuk ngegame
Ø Lebih memilih bermain
game daripada bermain dengan teman
Ø menjauhkan diri dari
kelompok sosialnya (klub atau kegiatan ekskul)
Ø Merasa cemas dan
mudah marah jika tidak ngegame
Sementara
gejala-gejala fisik yang bisa menimpa seseorang yang kecanduan game antara
lain:
1.
Carpal tunnel syndrome (gangguan di pergelangan tangan
karena saraf tertekan, misalnya jari-jari tangan menjadi kaku)
2.
Mengalami gangguan tidur (Insomia)
3.
Sakit punggung atau nyeri leher
4.
Sakit kepala
5.
Mata kering
6.
Malas makan / makan tidak teratur
7.
Mengabaikan kebersihan pribadi (misal: malas mandi)
2.4 Dampak dari Game
Online
Bermain game online pada remaja memiliki dampak positif dan negatif. Dampaf
positif dari bermain game online yaitu dapat mengaktifkan sistem motorik,
dengan koordinasi yang tepat antara informasi yang diterima oleh mata kemudian
di teruskan ke otak untuk diproses dan diperintahkan kepada tangan untuk
menekan tombol tertentu.
Game online dapat mendorong remaja menjadi cerdas, karena
pemain game online menuntut daya analisa yang kuat dan perencanaan strategi
yang tepat agar bisa menyelesaikan permainan dengan baik. Kelebihan yang bisa
diperoleh oleh remaja dalam bermain game online adalah meningkatkan
konsentrasi.
Bermain game online memang dapat berdampak positif, tetapi
jika dibiarkan berlarut-larut hingga mengarah pada adiksi tentu akan memberikan
dampak negatif, diantaranya remaja menjadi tidak memiliki skala prioritas dalam
menjalani aktivitas sehari-hari. Mendorong remaja untuk bertindak asosial,
karena aktivitas bermain game online cukup menyita waktu berkomunikasi, baik
berkomunikasi dengan keluarga maupun teman sebaya. Menimbulkan kemalasan
belajar, disebabkan kelelahan yang ditimbulkan setelah bermain game online,
sehingga dapat memicu tindakan kekerasan, karena remaja mengimitasi tokoh
secara berlebihan, sehingga meniru seluruh prilaku yang di tampilkan tokoh
dalam permainan tanpa mempertimbangkan apakah hal tersebut berbahaya atau
tidak. Perilaku imitasi yang berlebihan ini dapat pula memicu tindakan
kriminal, tanpa pengetahuan remaja, bahwa menyakiti orang lain secara fisik
adalah suatu tindakan kriminal.
Adapun lebih detail mengenai dampak positif dan negatif dari
game online yang membuat remaja kecanduan terhadap game online,antara lain :
Dampak Positif
ü Menghilangkan
Kepenatan
ü Dapat memberi rasa
rileks dan mengendurkan urat saraf dari kesibukan rutin atau kecapekan setelah
bekerja.
ü Melatih kemampuan
untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi pemainnya.
ü Melatih memecahkan
masalah dengan mempergunakan analisa.
ü Melatih kemampuan
untuk mengatur sistematis kerja untuk mencapai tujuan.
ü Mengembangkan
kecepatan reaksi dan persepsi audio visual.
ü Tidak membuat orang
gampang putus asa.
ü Melatih mengembangkan
kesabaran dan ketekunan.
ü Melatih mengembangkan
imajinasi dan kreativitas berpikir secara lebih luas.
ü Membentuk rasa
percaya diri.
Dampak Negatif
Ø Dapat menurunkan
Kesehatan pemain.
Ø Menimbulkan Kemalasan
dan tindakan kriminal
Ø Dapat membuat
pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung jawab.
Ø Dapat membuat
pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain game
online.
Ø Dapat meningkatkan
sikap agresivitas pemainnya, karena pengaruh aksi-aksi kekerasan yang terbiasa
disaksikannya.
Ø Dapat menyebabkan
anti sosial, karena keranjingan main game online.
Ø Dapat menyebabkan
ketegangan emosional antara orang tua dengan anak yang kecanduan.
2.5 Cara Mengatasi
Kecanduan
Tempat-tempat game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di
perkotaan atau pun dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang
dibahayakan dari dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan
fisik pada usia remaja.
Beberapa tips atau Solusi cara mengatasi kecanduan Game
online,Antara Lain :
Ø Bersungguh – sungguh
(Niat)
Langkah pertama agar bisa berhenti kecanduan harus ada niat
dalam diri sendiri yaitu harus bersungguh-sungguh atau berjanji dengan diri
anda sendiri tidak akan main game online lagi, namun awalnya pasti begitu sulit
untuk melakukannya, tapi lambat laun pasti akan bisa.
Ø Mempunyai Pikiran
Hemat
Dengan menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain
game online di warnet akan membuat seseorang lebih berpikir untuk tidak
menghabiskan uangnya demi game online.
Ø Mencari aktivitas
lain
Mencari aktivitas lain yang positif dan lebih bermanfaat
terutama kebiasaan yang disukai, seperti berolahraga, membaca buku atau
berekreasi. Sehingga tidak ada waktu kosong untuk bermain game online.
Ø Membatasi waktu
bermain game online
Mengurangi waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain
dan hari bermain dan diusahakan mematuhi jadwal tersebut. Untuk tahap awal
sehari bermain 3 jam dan untuk hari-hari berikutnya dikurangi sedikit demi
sedikit.
Ø Jangan bergaul dengan
pemain game
Maksut dari hal ini bukan tidak boleh berteman dengan pemain
game melainkan jangan terlalu akrab karena ajakan dan pengaruh teman akan
gampang mempengaruhi untuk bermain game online lagi.
Ø Meminta Bantuan orang
terdekat
Maksutnya meminta orang terdekat untuk sementara menjadi pengingat setiap kali
hendak ke warnet atau ingin bermain game. Akan sangat baik apabila dia bukan
seorang gamers juga.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan
(games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
Faktor yang mempengaruhi kebanyakan dikarenakan rasa penat terhadap tugas dan
ajakan teman-teman sekitar.
Dampak negatif bermain game online lebih banyak dibanding
dampak positifnya antara lain :
a.
Dapat merusak Kesehatan pemain.
b.
Menimbulkan Kemalasan dan tindakan kriminal
c.
Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas
dan tanggung jawab.
d.
Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena waktunya
habis dipergunakan untuk bermain game online.
B. Saran
Daripada bermain game
online yang menghabisakan uang dan waktu sebaiknya kaum remaja pecandu game
mengisi waktu dengan hal-hal yang positif atau lebih bermanfaat serta
mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan.
DAFTAR PUSTAKA
Fahrul
Alam,M.2010.”Pengertian Game Online dan Sejarahnya”.http://my.opera.com/mfahrul/blog/show.dml/10712381 (diakses 10
November 2013).
2012.”Pengertian dan
Tipe-tipe Game Online”.http://wicethe.wordpress.com/pengertian-dan-tipe-tipe-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”SEJARAH GAME
ONLINE”. http://wicethe.wordpress.com/sejarah-game-online/ (diakses 10
November 2013)
2012.”Fenomena Dunia
Visual”.http://evamasy.blogspot.com/2013/02/fenomena-dunia-virtual-studi-kasus.html
0 komentar:
Posting Komentar